Jelang Pemilu,Polres Rote Ndao Gelar Deklarasi Damai

Avatar photo
Reporter : Yeri Sula Editor: Redaksi
IMG 20231122 WA0024

Rote Ndao,PotretNTT.Com -Dalam rangka menyambut pemilihan umum (Pemilu) yang berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang,Polres Rote Ndao menggelar deklarasi damai

Kegiatan deklrasai pemilu damai yang melibatkan seluruh pimpinan partai politik di Kabupaten Rote Ndao ini,di adakan di Aula Mapolres Rote Ndao pada Selasa, (21/11/2023) pukul 09.00 wita.

Kegiatan Deklarasi ditandai dengan penandatangan deklarasi bersama Pemerintah Daerah, Pengadilan Negeri,Kejaksaan Negeri,Polres,KPUD, Bawaslu  dan Pimpinan Partai Politik Tingkat Kabupaten Rote Ndao sebagai peserta Pemilu 2024.

Pimpinan Partai Politik yang hadir dalam Deklarasi Damai tersebut diantaranya : Lukas. D. Saudale,SE (PKN), Petrus J. Pelle,S.Pd ( Partai Demokrat), Janri A. Nunuhitu,S.Sos (Hanura), Arkhimes Molle,SH,MA ( Partai Perindo ), Magdalena Thobias (Partai Buruh)

Selanjutnya Perwakilan Parpol yang hadir yaitu Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Golkar, Nasdem, Gelora, PSI dan PPP sedang yang tidak hadir PKB, PKS, PAN dan PBB.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M.Saek,SE,M.Si dalam sambutannya mengatakan, Semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu sangat diharapkan turut berperan dalam menciptakan suasana kondusif, damai, aman dan tertib.

Stef Saek meminta agar parpol yang menjadi peserta dan bagian Pemilu secara langsung dalam menghadapi Pemilu diharapkan selalu ada dalam suasana kebersamaan, menjaga ketertiban dan keamanan

Menurutnya,tugas menjaga pelaksanaan Pemilu yang damai dan tertib, baik dan aman  tentunya bukan menjadi tugas pihak keamanan saja tetapi menjadi tugas semua pihak

“ Untuk menjaga suasana damai, aman dan tertib bukan tugas Pak Kapolres atau Dandim saja tapi tugas kita semua. kita semua menjadi Polisi dan Tentara untuk menjaga suasana dengan baik dan aman” Ujarnya.

Kepada semua Partai Politik Ia juga menghimbau agar dapat memberi  kesadaran bagi semua masyarakat untuk menjadi peserta pemilu yang menjaga  rasa aman, damai dan tertib.

Baca Juga :   Pleno KPU,Pj Bupati Rote Ndao Meminta Penyelenggara Pemilu Jaga Integritas Bersikap Jujur

“mulai saat ini kita memberikan edukasi bagi masyarakat. Apabila terjadi masalah maka secepatnya diselesaikan secara baik sehingga tidak membias dan memicuh masalah yang lebih berat”.Pintanya

Kita akan segera  memasuki tahapan kampanye karena itu keselulruhan penyelenggaraan kita serahkan kepada  pengawasan penyelenggara. Saya percaya dengan deklarasi damai ini pemilu akan berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik dan penuh rasa aman dan tertib.Tandas Stef Saek

Selanjutnya hal senada di sampaikan pula oleh Dandim 1627 Rote Ndao Letkol Inf.Alber Ingkiriwang,S.IP yang memohon kerja sama semua komponen Parpol dalam pelaksanaan Pemilu, mulai dari kampanye sampai dengan selesai perlu terus membangun kerja sama dengan pihak Polri dan TNI sehingga kondisivitas di wilayah dapat terjaga, berjalan dengan damai dan tidak terjadi kericuhan tetapi sesuai dengan rencana yang ditentukan.

Sementara Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono dalam sambutanya,Ia memberi pesan dengan berpantun Katanya “ Makan pisang tangan jangan tergores. Selamat datang di Mapolres. Pemilu 2024 pilihan boleh beda, apapun masakannya apapun lauknya boleh beda beda tetapi namanya persatuan mahal harganya “

“ Apapun warna gambarnya tetapi hati Republik Indonesia. Baju biru jalannya melambai,  Pemilu 2024. Pemilu harus damai “ tuturnya.

Petrus J. Pelle,S.Pd dalam sambutannya yang mewakili  Parpol,Ia menegaskan bahwa sebagai peserta pemilu, tentu pemilu sebelumnya berbeda tantangannya dengan Pemilu 2024  tetapi harapan kami adalah  pelaksanaan pemilu tahun 2024 bisa terlaksana dengan baik.

Ia berharap sebagai penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu kita semua harus bergandengan tangan untuk bersama-sama dengan TNI-Polri agar dalam melaksanakan Pemilu dapat berjalan dengan baik sehingga hasil yang kita dapatkan juga baik adanya

Dikatakan Petrus Pelle, Kami hanya menginginkan satu hal adalah  TNI-Polri bekerja dengan tupoksinya masing- masing, Penyelenggara Pemilu juga melaksanakan tugas sesuai mekanisme yang ada sehingga kami sebagai parpol tidak merasa ada peserta yang dianak tirikan dan ada yang di anak emaskan

Baca Juga :   Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

“ Kalau kita mengevaluasi dari Pemilu terdahulu sampai dengan Pemilu 2019 maka masih banyak PR bagi kita.  mudah-mudahan pada Pemilu 2024 yang akan datang semua itu tidak terjadi lagi.” Ujar Petrus Pelle.

Hadir dalam kegiatan deklarasi damai, selain Wakil Bupati Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, Pejabat Utama Polres Rote Ndao dan seluruh jajarannya. turut hadir Dandim 1627 Rote Ndao Letkol Inf. Alber Ingkiriwang, S.I.P, Kejari Rote Ndao Budi Narsanto,Perwakilan PN Rote Ndao, Perwakilan DanLanal Pulau Rote, Ketua KPU Christian Dae Panie dan Komisioner KPU, Ketua Bawaslu dan Komisioner Bawaslu, BIN, Kadis Kesbangpol  Rote Ndao  Marthen Muskanan, dan Kasat Pol PP Yeskiel Mesakh,SE.

Sumber: PotretNTT.Com